Kamis, 19 Juli 2012

Antisipasi Lebaran, Penukaran Receh Disiapkan Rp 80 Miliar




Palembang, 

Uang receh Rp 80 miliar disiapkan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Wilayah VII Palembang untuk antisipasi menjelang Idul Fitri. Untuk cadangan,  disiapkan Rp5,7 triliun.
Kepala Unit Operasional Kantor Bank Indonesia Perwakilan Wilayah VII Palembang Rahmad Sutiawan Kamis (19/7) mengatakan, persiapan penarikan uang yang dilakukan bank disediakan Rp2 triliun dan penarikan yang dilakukan masyarakat disiapkan Rp841 miliar.
Kami memberikan layanan penukaran uang seperti tahuntahun sebelumnya.Di samping itu, pelayanan serupa dilakukan di 12 bank yang ditunjuk BI,” ujar Rahmad.
Biasanya, rata-rata penukaran uang per hari mencapai Rp2 miliar untuk perbankan dan Rp1,7 miliar untuk masyarakat. Pecahan yang paling banyak diminati mulai dari Rp5.000–- Rp20.000. Volume penukaran pada hari biasa 150–600 orang dan diprediksikan akan meningkat sekitar 10%,”kata dia. Sementara itu, saat ditanya soal penarikan uang menjelang Lebaran, Rahmad mengaku, penarikan uang diprediksikan akan terjadi lonjakan pada H-7 menjelang Lebaran.
“Sebagai antisipasi, BI sudah mempersiapkan sekitar Rp2 triliun atas prediksi peningkatan 14% dari total penarikan uang tahun lalu yang mencapai Rp841 miliar,”kata dia.
Penukaran uang untuk pecahan kecil dilakukan terhitung  13 Juli–16 Agustus 2012. BI mempersiapkan enam loket penukaran uang selama lima hari kerja setiap minggunya. Bank yang ditunjuk yakni seluruh bank pemerintah, termasuk Bank Sumsel Babel dan bank swasta, seperti BCA, Buana,Permata, Danamon.
BI akan mempersiapkan satu mobil kas keliling dan kas titipan untuk daerah. Untuk satu bank, sambung Rahman,dipersiapkan uang pecahan kecil sebanyak Rp1 miliar dengan persentase rata-rata penukaran uang masyara kat Rp33 miliar, sementara untuk perbankkan mencapai Rp38 miliar.
Lumrah
Asisten Kasir Kantor Bank Indonesia Perwakilan Wilayah VII Palembang Sopian Hady mengatakan, kebiasaan masyarakat menukarkanuangmenjelang Lebaranmerupakan hal lumrah. Bahkan, kalangan pebisnis, gerai, atau toko juga biasa menukarkan uang menjelang Lebaran.
“Malah bisa mencapai 1.000 penukar per hari bila semakin mendekati Lebaran. Setiap orang juga menukar dengan nominal tertentu. Kebanyakan Rp5.000–Rp20.000, setiap orang rata-rata menukar Rp2 juta–Rp5 juta,”kata dia. (sir)

Tidak ada komentar: