Kamis, 19 Juli 2012

PT BA Jual Listrik ke PLN

DDD



Palembang:

Memanfaatkan kelebihan daya listrik yang dimiliki oleh PT Bukit Asam (PTBA) menjual excess power kepada power. Perjanjian jual beli ini dilakukan di Palembang, Kamis (19/7) dengan tarif Rp 787,20 per Kwh.

Menurut Direktur PTBA, Milawarma, perusahaannaya telah menyelesaikan pembangunan PLTU mulut tambang di Tanjung Enim, Sumatera Selatan  3X10 MW. Dari 30 MW yang dihasilkan menjadi energi listrik, sekitar 24 MW digunakan PTBA, sisanya 6 MW dijual kepada PLN.

"PLTU 3X10 MW ini dibangun PTBA untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi kegiatan operasional penambangan dan sarana pendukung lain, selama ini kita suplai dari PLN," ujar Milawarma.

Dijelaskan Milawarma, pertimbangan PTBA membangun energi listrik sebagai langkah efisiensi perusahaan dimasa akan datang. Juga untuk memanfaatkan batubara energi rendah yang selama ini belum terpakai.

"Kebutuhan listrik kita hampir 30-40 persen menggunakan listrik, dengan adanya listrik sendiri ini bisa dimanfaatkan," jelasnya.

Sementara GM PT PLN wilayah S2JB, I Gusti Agung Suteja mengatakan pembelian ini sebagai optimalisasi sumber energi di luar PLN.

"Perjanjian jual beli ini sebagai sharing dan ini bisa ditinjau setiap tahun selama kita masih membutuhkan," ujar Agung.

Menurutnya secara kebutuhan listrik di Sumsel sudah terpenuhi, sebagai lumbung energi nasional sudah dianggap benar hanya saja kendala dalam pendistribusian masih bermasalah.

D
Direksi PT BA dan GM PLN S2JB  usai penadatangana  kesepekatan penjualan listrik dari PT BA ke PLNn
"Untuk kedepan kita membutuhkan perbaikan jaringan agar distribusinya tidak byar pet," jelasnya. (sir)

Tidak ada komentar: