Senin, 12 Desember 2011

Tarif KA Jelang Natal Dinaikkan 50%




Palembang:

Tarif tiket penumpang kelas eksekutif dan bisnis kereta api (KA) PT Kereta Api Indonesia Divre III Sumsel akan dinaikkan sebesar 50%. Kenaikan ini ditetapkan
menjelang Hari Raya Natal 2011 dan Tahun Baru 2012.

“Tarif baru ini hanya berlaku mulai tanggal 15 Desember 2011 hingga8Januari2012.Kemudian pada tanggal 9 Januari dan selanjutnya,PT Kereta Api akan kembali memberlakukan tarif batasatasdanbatasbawah,”ujar Manajer HumasPT KADivre III Sumsel Jaka Jarkasih.

Menurut Jaka, alasan KAI menaikkan tarif tersebut untuk melakukan subsidi silang antara kereta penumpang komersial yaitu bisnis dan eksekutif yang memang tarifnya ditetapkan oleh KAI sendiri dengan penugasan kereta non komersial yaitu kereta kelas ekonomi.

“ Selama ini atau kurang lebih 10 tahun, tarif tiket kereta ekonomi tidak pernah dinaikkan, yaitu sekitar Rp 15.000. Mudah-mudahan dengan subsidi silang pada saat musim ramai penumpang seperti ini bisa menutupi biaya operasional PT Kereta Api,” tukasnya.

Selain itu juga,untuk musim libur Natal dan Tahun Baru kali ini,PT Kereta Api Divre III akan memberdayakan 10 gerbong tambahan. Alokasinya adalah tiga gerbong untuk kelas ekonomi dan dua gerbong untuk kelas bisnis.Sedangkan lima gerbong lainnya disiapkan untuk menampung penumpang kelas eksekutif yang biasanya memiliki peminat lebih besar.

Kenaikan harga tiket ini bersifat tentatif atau sementara dan diberlakukan saat arus penumpang diperkirakan melonjak tajam. Tiket eksekutif yang pada hari biasa menggunakan dasar tarif atas dan bawah, maka untuk sementara selama libur Natal dan Tahun Baru akan menggunakan dasar tarif baru. Kenaikan itu berlaku baik untuk kereta jurusan Palembang Kertapati-Tanjung Karang maupun Palembang Kertapati- Lubuklinggau.

Adapun harga tiket yang berlaku selama libur Natal dan Tahun Baru yaitu tiket eksekutif untuk Limeks Sriwijaya Palembang Kertapati-Tanjung Karang dari harga Rp130.000 sekarang menjadi Rp200.000. Sedangkan untuk kelas bisnis dewasa yang pada hari biasa dipatok Rp80.000, saat ini harganya menjadi Rp150.000.

Begitupun untuk tiket kelas bisnis anak dari Rp75.000 naik menjadi Rp120.000. Sedangkan untuk KA Sindang Marga Palembang Kertapati-Lubuklinggau, untuk kelas eksekutif menjadi Rp 200.000,dan untuk kelas bisnis dewasa dari Rp80.000 mejadi Rp150.000, dan bisnis anak Rp120.000.


“Jadi kurang lebih 10 gerbong akan kami siapkan untuk tambahan masa angkutan Natal dan Tahun Baru nanti,”urainya.

Ditambahkanya juga, pada musim Natal dan Tahun Baru kali ini,pihaknya menggunakan sistem “satu orang satu tiket”. Jadi tiket yang dijual hanya diperuntukan sesuai kapasitas tempatduduk dalam setiap gerbongnya. Apabila semua kursi dalam gerbong tersebut sudah terisi penuh, maka KAI tidak akan lagi melakukan penjualan tiket berdiri. (sir)




Tidak ada komentar: