Selasa, 26 Juni 2012

Dipermalukan Persija, SFC Ogah Dipermalukan Lagi Oleh PSPS

Seusai dipermalukan Persija 3- 0 di laga terakhir, Sriwijaya FC terus berbenah menjelang derby Sumatera menghadapi PSPS Pekanbaru, Kamis (28/6).

Buruknya kinerja lini belakang menjadi fokus evaluasi yang dilakukan pelatih Kas Hartadi. Dia bertekad memperbaiki penampilan anak asuhnya demi menjaga prestise sebagai tim juara Indonesia Super League (ISL) musim ini dengan menurunkan kekuatan terbaik, termasuk bek tangguh Thierry Gathuessi dan LimJoonSikyang sebelumnya diistirahatkan. “Kekalahan telak 3-0 kemarin menjadi pelajaran berharga dan kita tidak ingin lengah saat melawan PSPS.Yang pasti lini belakang harus lebih konsentrasi dan waspada,” ungkapnya kemarin.

Kurang disiplinnya Michael Jamie Coyne dkk, saat menjalankan tugas menjaga barisan pertahanan lantaran kerap meninggalkan pos untuk membantu serangan,membuat para penyerang Persija leluasa melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Laskar Wong Kito. Menurutnya, perilaku itu bukan hanya sekali terjadi, melainkan sering dilakukan Jamie dan Thierry di beberapa pertandingan terakhir, terutama saat tim sedang memimpin perolehan skor.Padahal,mereka sering diwanti-wanti pelatih dari pinggir lapangan.

Akibatnya, saat tim lawan melakukan serangan balik,mereka sering terlambat dalam menutup pergerakan pemain lawan dan membuat gawang Ferry Rotinsulu terancam bahaya. Puncaknya,tiga gol tanpa balas yang dicetak para penyerang Persija di pertandingan terakhir menjadi klimaks dari perilaku indisipliner yang kerap dipertontonkan para pemain bertahan SFC. Padahal, sebagai bek tengah, posisi kedua legiun asing ini sangat vital dan sudah seharusnya mereka menjelma menjadi tembok yang kokoh di depan gawang Ferry. Berbeda dengan posisi Supardi dan Mahyadi Panggabean yang memang merupakan bek sayap.

Keduanya memang diplot untuk membantu serangan dari sisi kanan dan kiri serta mem-back up pergerakan dari Siswanto maupun M Ridwan di sektor sayap. “Setelah pertandingan melawan Persija kemarin,kita (pelatih) bersama pemain sudah membahas mengenai apa saja yang harus dibenahi agar penampilan tim lebih baik saat menghadapi PSPS. Saya rasa mereka (pemain) juga tidak ingin kembali mengalami kekalahan seperti kemarin,” ujarnya. Sementara, menghadapi PSPS besok, Kas mengatakan seluruh pemain SFC berada dalam kondisi terbaik dan tidak ada yang terkena akumulasi kartu.Hanya, dia masih meragukan kondisi kiper utama Ferry Rotinsulu yang belum pulih total.

Jika hingga besok kondisi masih belum fit, kemungkinan besar Rivky Mokodompit akan diplot sebagai starting eleven. Sedangkan, Hilton sengaja tidak dibawa serta ke Pekanbaru lantaran sedang mengikuti terapi di Jakarta untuk mengobati penyakitnya. “Rombongan tim sudah tiba di Pekanbaru sejak siang tadi (kemarin) dan menginap di Wisma Hasanah.Mudah-mudahan kita bisa mencuri poin di sini.Saya berharap doa dan dukungan seluruh masyarakat Sumsel dan pendukung SFC,” tuturnya.

Tidak ada komentar: