Minggu, 17 Juni 2012

Tundukkan Arema, SFC Makin Dekat Juara

PALEMBANG –Dua gol yang dilesakkan M Ridwan dan Keith Jerome “Kayamba” Gumbs ke gawang Arema Indonesia pada lanjutan Indonesian Super League (ISL) Sabtu sore (16/6), membawa Laskar Wong Kito semakin dekat dengan titel juara.

Dengan kemenangan ini,praktis Sriwijaya FC hanya membutuhkan dua poin lagi untuk memastikan diri sebagai kampiun Liga Indonesia musim 2011/2012. Jika pada pertandingan melawan Persela Lamongan, Rabu (20/6) nanti Firman Utina dkk bisa memetik hasil maksimal, dapat dipastikan tim yang dinakhodai Kas Hartadi ini bakal mengangkat trofi pada akhir musim nanti.

Dua gol SFC masing-masing dilesakkan oleh M Ridwan pada menit 14,yang memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Siswanto. Sedangkan gol kedua terjadi pada menit 68 melalui eksekusi penalti oleh Kayamba, setelah dirinya dilanggar oleh Seme Patrick dikotak terlarang. Sementara gol balasan Arema Indonesia dicetak Herman Dzumafo Epandi menit 59. Meski menang,pelatih SFC Kas Hartadi mengaku kurang puas dengan penampilan anak asuhnya yang tampil kurang maksimal serta banyak membuang peluang emas sepanjang laga.

“Penampilan para pemain hari ini cukup bagus, apalagi performa Arema Indonesia sedang meningkat setelah di bawah asuhan Pelatih Suharno.Seharusnya,kita bisa mencetak gol lebih banyak,” katanya seusai laga. Kas juga menyesalkan terjadinya gol balasan dari Herman Dzumafo, yang berawal dari serangan balik. Sebab, ketika itu, dua bek andalan SFC Michael Jamie Coyne dan Thierry Gathuessi sedang tidak berada di posisi masingmasing lantaran terlalu sering membantu serangan.

“Padahal saya telah mengingatkan mereka berkali-kali agar tidak ikut-ikutan ma-ju menbantu serangan,”ujar Kas. Kekhawatirannya itu akhirnya terbukti dengan satu gol yang dicetak Dzumafo.Menurut arsitek asal Solo ini, sebenarnya dirinya tidak terlalu mempermasalahkan jika ada pemain belakang yang turut membantu melakukan serangan, asalkan mereka bisa tetap bertanggung jawab untuk kembali secepatnya ke posisi masing-masing dan melihat kondisi tim terlebih dahulu.

Untuk itulah,jika ingin memastikan diri juara lebih awal saat melawan Persela nanti, Kas menginginkan agar para pemain bisa tampil lebih baik dari pertandingan kemarin. Apalagi, Persela merupakan salah satu tim yang memiliki kolektivitas tim yang baik serta mempunyai mental bertanding yang baik pula,meski bermain di kandang lawan.

“Untuk memastikan juara, kita tinggal membutuhkan satu setengah poin lagi. Tetapi, Persela bukan lawan yang mudah dikalahkan. Jadi, kita harus bermain lebih baik lagi jika tidak ingin tergelincir. Apalagi,Persela memiliki dua pemain yang berbahaya yakni Gustavo Lopez dan Emanuelle Costas,”katanya.

Gagal
Di tempat yang sama,pelatih Arema Indonesia Suharno gagal melanjutkan hasil positif di enam laga sebelumnya tanpa kekalahan. Meski kalah, Arema tetap menampilkan permainan cantik dan menyerang,sesuai janji sang pelatih,yang mengatakan tidak akan memberikan kemenangan mudah bagi SFC.

“Kita memang kalah hari ini karena SFC tampil lebih baik. Tetapi, bagi saya, pada pertandingan kali ini para pemain tetap tampil sangat baik.Yang pasti,kita menerima kekalahan dengan gentleman dan tidak akanmencari-carialasan.Target kita ke depan hanya fokus pada dua laga kandang agar bisa memperbaiki posisi di klasemen akhir,”katanya. (sir)

Tidak ada komentar: