Rabu, 20 Juni 2012

Pilgub Sumsel Butuh Rp 250 M




Palembang,
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Selatan (Sumsel) menegaskan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2013 membutuhkan sedikitnya Rp 250 milyar.

Ketua KPUD Sumsel, Anisatul Mardiah mengungkapkan sebenarnya anggaran yang diajukan KPU Sumsel itu lebih dari Rp300 miliar.Anggaran tersebut sudah disesuaikan dengan tahapan ada didalam peraturan KPUD dan disesuaikan dengan peraturan Kemendagri.

Tahap awal pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp30 - 50 miliar untuk tahapan awal Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013.

Itu kebutuhan riil dari penyelenggaraan pilkada 2013 nanti. Kami sudah membuat dan memisahkan kebutuhan 2012 ini berapa dan untuk kebutuhan tahun 2013 berapa. Jadi anggaran pada APBD Perubahan 2012 ini sekitar Rp30 sampai 50 miliar. Sementara di APBD induk 2013 selebihnya dan itu termasuk untuk dua putaran, jelasnya.

Untuk menentukan anggaran tersebut, KPUD juga meminta didampingi pihak Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pendampingan tersebut berkaitan dengan anggaran yang sudah disusun dan disesuaikan dengan tahapan yang telah dibuat KPUD Provinsi.

“Jadi kami perlu pendampingan dari BPKP agar anggaran yang diajukan tersebut sesuai dengan peraturan perundang- undangan dan bisa dilaksanakan. Pendampingan dari BPKP dan penyusunan anggaran sudah dan tahapan pun telah kami tetapkan, bahwa hari H pilkada gubernur Sumsel dan empat kabupaten lainnya tanggal 6 Juni 2013, sambungnya.

Anggota KPUD Sumsel, Herlambang mengatakan pihaknya telah mendata untuk kebutuhan anggaran pada tahun 2012 ini.Dana yang diusulkan pada APBD Perubahan 2012 itu untuk program yang dikerjakan pada tahun tersebut. Seperti anggaran untuk sosialisasi, berbagai honor penyelenggara pada 2012 dan selanjutnya program-program terkait dengan bimbingan teknis dan rapat koordinasi.

Kalau mengenai berapa besaran anggaran paling utama, saya tidak mengetahuinya secara pasti, tetapi jumlahnya sampai Rp30 miliar se-Sumsel diusulkan di APBD Perubahan 2012,katanya.

Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Yuswar Hidayatullah menyatakan, akan meminta penjelasan kepada KPU Sumsel terkait dengan anggaran Pilgub 2013. Komisi I DPRD Sumsel ingin mengetahui sejauh mana efisiensi penganggaran Pilgub Sumsel itu.Kami akan minta penjelasan penganggaran itu, masuknya dimanasaja,katanya (sir)

Tidak ada komentar: