Jumat, 15 Juni 2012

Lulusan PTS Ditolak, Mahasiswa PTS Demo Pusri




Palembang, Sinar Harapan


Dinilai memprioritaskan perguruan tinggi negeri (PTN) dalam proses perekrutan, PT Pusri Palembang didemo masiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Muhamadyah Bersatu (AMMB) Kamis (14/6).


Dalam aksinya, mahasiswa PTS ini menolak sistem perekrutan PT Pusri yang dianggap tidak adil karena hanya memprioritaskan lulusan PTN. Hanya lulusan PTN yang diterima melamar di BUMN pupuk terbesar di Asia Tenggara ini.


Massa yang berjumlah sekitar 50 orang itu mendesak agar Pusri menghentikan rekrutmen tenaga kerja baru yang dilakukan baru-baru ini. Menurut mereka, perekrutan itu sama saja dengan menyepelekan para lulusan PTS, karena dalam persyaratan rekrutmen itu PT Pusri hanya mengkhususkan untuk lulusan PTN. Kami minta hentikan mendiskriminasi PTS. Jangan lagi PTS dianggap sebelah mata, karena kualitas lulusan PTS tidak kalah. Buktinya banyak yang sudah tersebar di perusahaan swasta, kata koordinator aksi Abror Vandozer.

Selain mendesak PT Pusri lebih adil merekrut karyawan, mahsiswa ini juga menuntut agar Pusri lebih transparan melakukan perekrutan dengan mengikutsertakan unsure PTS. Mereka juga meminta sivitas akademika masing-masing universitas swasta dilibatkan dalam setiap perekrutan.

Ke depan kami meminta perekrutan tenaga kerja PT Pusri melibatkan sivitas akademika dari universitas swasta untuk andil dalam mengoordinasi perekrutan karyawan. Jangan sepelekan kami dari PTS, karena kami juga mampu bersaing, ujarnya.

Kapolsek Kalidoni AKP Asmaja mengungkapkan, aksi demo yang berlangsung sekitar pukul 11.00 WIB kemarin, intinya memprotes kebijakan rekrutmen Pusri yang dinilai diskriminatif terhadap PTS.

Aksi mereka damai dan sempat ada komunikasi dengan PT Pusri,katanya.

Menurut dia, dalam perekrutan itu, pihak Pusri menyerahkan sepenuhnya proses perekrutan kepada pihak ketiga dalam hal ini Balitek Unsri. Pusri hanya menentukan apa-apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk merekrut tenaga kerja, termasuk soal jurusan yang dibutuhkan. (sir)

Tidak ada komentar: