Rabu, 20 Juni 2012

Rayakan Hari Lingkungan Sedunia SKPD Diminta Tingkatkan Kepedulian



PALEMBANG  – Pemerintah provinsi Sumatra selatan merayakan hari lingkungan hidup sedunia (LHS) tingkat provinsi di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (19/6). Acara ini dihadiri langsung oleh wakil gubernur Sumatra Selatan, Pangdam , serta beberapa Pimpinan SKPD yang ada di Sumatra Selatan.
Dalam sambutannya, Eddy mengungkapkan bahwa permasalahan lingkungan saat  ini sama dengan permasalahan ekonomi yang dapat dirasakan di seluruh dunia, yang paling jelas tentunya pemanasan global perubahan iklim. Oleh karena itu Eddy menegaskan bahwa permasalahan lingkungan ini harus ditanggapi dengan serius.
Oleh karena itu, Wakil gubernur Sumsel H Eddy yusuf meminta kepada semua pemerintah daerah untuk menjaga serta meningkatkan keaneka ragaman hayati yang ada di masing – masing daerah. “dalam menjaga lingkungan kita tidak boleh lemah, kemauan harus ada, kota Palembang tahun ini kalah bersaing dengan Surabaya tahun depan harus kita rebut kembali, kita akan pelajari mengapa mereka yang secara kota lebih besar namun lebih baik dalam penataan lingkungan” ujar wakil gubernur sumsel H Eddy Yusuf.
Khusus untuk pihak swasta, Eddy meminta kepada semua pihak khususnya para investor yang ada di lingkungan pemerintahan untuk turut serta berinvestasi dalam bidang penghijauan lingkungan. “selain jajaran SKPD saya minta khususnya kepada para investor untuk memperhatikan hijaunya lingkungan, seperti pembangunan kawasan perumahan harus memperhatikan aspek lingkungan secara lebih mendalam”tegasnya.
Untuk saat ini, Eddy Yusuf menilai masih banyak SKPD yang ada di provinsi Sumsel yang tidak mencerminkan kecintaanya kepada lingkungan. Oleh karena itu Eddy meminta hal tersebut harus segera ditingkatkan. Tidak hanya itu, Eddy juga mengucapkan selamat kepada kabupaten dan kota yang berhasil menerima penghargaan terkait program kecintaannya terhadap lingkungan.
Terakhir dalam sambutannya Eddy meminta kepada semua pihak khususnya para bupati dan walikota yang ada di Sumatra Selatan untuk benar – benar berkomitment dalam menjaga kelestarian lingkungan di Sumatra selatan, dan tidak menjadikannya untuk kepentingan sesaat. “Keberhasilan mendapatkan Adipura jangan dijadikan euphoria untuk mengangkat citra dan dipolitisasi, ke depannya masyarakat harus lebih dilibatkan, Situs sejarah jangan ada yang diganggu dan dinas pariwisata tolong dimanfaatkan ” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatra Selatan Ahmad Najib mengungkapkan bahwa acara ini memiliki dua tujuan utama. “selain merayakan hari lingkungan Hidup sedunia, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, pola konsumsi masyarakat serta pengarahan pengusahan untuk menggunakan produk hijau”ujarnya.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa saat ini provinsi Sumatra selatan sudah mendapatkan apresiasi tinggi dari wakil presiden RI terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan hidup. “dari 13 kota di sumsel, kita mendapatkan 7 penghargaan, oleh karena itu ke depan pola pembinaan kerja yang berorientasi terhadap lingkungan akan lebih ditingkatkan”pungkasnya.

Tidak ada komentar: